Friday, May 6, 2011

How to Shop at Traditional Market?

Gue baru pulang nih. Abis dari pasar. Ngapain Vi? Belanja buat gue makan. Kalo ga belanja gue ga makan hiks hiks.

Jadi, sekarang gue mau sharing buat kalian para-gaulish-reader-blog-gue-seantero-dan-sejagad-raya...... bagaimana cara berbelanja yang super baik di pasar tradisional.




Saaaaatu!




Ngira-ngira harga barang yang akan lo beli dan bawa uang pas-pasan.


Ngira-ngira harga barang penting loh. Jadi lo bisa buat standar untuk harga yang akan lo tawar. Dan juga, bawalah uang pas-pasan atau sesuai jumlah perkiraan lo. Ngerti maksud gue? Ga ngerti? Oke, gue jelasin.

Jadi misalnya lo mau beli tomat. Nah, lo dari rumah udah ngira-ngira harga tomat yang bakal lo beli. Misalnya lo mau beli 3 buah tomat, 4 ikat kangkung, 1 bungkus cabe merah. Harga 3 tomat yang lo kira-kira adalah 2000 rupiah, 4 ikat kangkung 2000 rupiah, dan 1 bungkus cabe merah 1000 rupiah. Jadi lo bawa uang 5000 rupiah. Ya, lebihin 1000/2000 rupiah lah, siapa tau lo mau jajan gituuuu.

Ternyata saat lo belanja ternyata harga tomatnya 1500 per biji, 4 ikat kangkung 5000 rupiah, dan 1 bungkus cabe merah 2000. Terus, gue harus ngapain?




Duuuuuuuuua!




Bandingin dengan pasar lain.


Terus, lo bandingin harga barang (misalnya) di pasar A dan pasar B. Bilang harga di pasar lain itu lebih murah dan niscaya pedagang itu akan mikir 2 kali. Tapi kalo pedagangnya tetep keukeuh ga mau nurunin harga barangnya gimana Vi?




Tiiiiiiiiiiiiiiga!




Pasang muka lo yang PALING melas.


Lo wajib-kudu-mesti-harus pasang muka lo yang PALING melas. Inget ya, PALING melas bukan melas atau yang sering kita sebut puppy eyes. Kaya gimana Vi contohnya? Lo tau anjing kan. Nah, lo buat ekspresi kaya ekspresi anjing jalanan yang ga makan selama seminggu. Gue masih ga ngerti Vi. Bedon lo Ya udah nih ya gue kasih gambarnya. Tapi gambarnya contohnya si anjing. Yaaa, tinggal lo edit lah tuh muka anjing lo ganti muka lo. Here they are.








Wesssshhhh. Oke deh Vi, makasih yak. Yo sama-sama! Eh Vi, tapi kalo tuh pedagang keukeuh super gimana? Timpukin tuh pedagang pake bata ampe sekarat Oke, kita masuk langkah selanjutnya.




Eeemmmmmmmmmmmpat!




TINGGALIN PEDAGANG ITU.


Yap, langkah paling ampuh dan mutakhir ini gue dapet dari nyokap gue. Cara ini udah cara terakhir yang di pake 'nci-'nci M***** D** kalo dia belanja dan tuh pedagang tetep keukeuh.

Dengan langkah cepat lo segera meninggalkan pedagang itu dengan ekspresi judes. Kaya gini nih.




Padahal dalam hati ekspresi lo kaya gini.




Dan niscaya dengan segera lo akan mendengar pedagang itu berkata...............

"Ya udah deh ci, tomatnya 3 itu 2000 rupiah, kangkungnya 2000 rupiah, cabenya 1000 rupiah."

Nah! Dengan segera lo langsung balik ke pedagang itu dan dengan langkah cepat lo ambil barang-barang yang mau lo beli dan lo langsung bayar. Tapi, lo balik ke pedagang itu dengan ekspresi judes.




Padahal dalam hati ekspresi lo kaya gini.




Nah, kan pas tuh duit lo yang habis 5000 rupiah, sisanya bisa lo buat jajan deh :D


. . . . . . . .


Yak, empat tips sudah gue berikan buat lo semua my-lovely-gaulish-reader-blog-gue-seantero-dan sejagad-raya. Jangan sungkan-sungkan untuk mempraktekan tips yang udah gue kasih, niscaya lo akan berbelanja dengan sukses. Good luck! :D